Tips : Buat Mahasiswa TA bikin Eksplorasi Desain
Eksplorasi desain, konon kalo di TA, itu nilenya paling gedhe gitu (50%). Kata dosen gue waktu gue ikut Perancangan Arsitektur 5, di mana pas itu gue bikin eksplorasi dengan amat sangat ngasal (males gitu), beliaunya berkata "Eksplorasi itu nilenya 50% sendiri, kalo kamu kayak gini, ini kamu gak dapet nilai untuk eksplorasi. Padahal 50% nya sendiri lhoo..." Yang terpikir di otak gue pas itu, cuman atu "mampus deh gue,.," Semenjak saat itu, gue pun giat sekali bikin eksplorasi desain. Terutama, bagian ini, bagian yang gue rada buta (bukan rada lagi, tapi amat sangat buta)... Yakni bagian ANALISA TAPAK
Analisa Tapak, pasti pada males ngebikinnya. Termasuk gue selama kuliah. Malessss pake banget. Jadi kalo ngebikin pasti seenak bokong gue gitu. But now, atas pelajaran di PA 5, gue berhasil memahami apa itu makna dari Analisa Tapak.
Cara Pinter 1 : Kumpulin semua data tentang tapak dan lingkungannya. Kadang tuh, kita suka lebay dengan mengambil data satu Semarang. Yaelah, kalo diperibahasakan tu kayak gini "mau neliti mangga, terlebih dahulu meneliti hutannya"....Kelamaaannnnn....Huhuhuhuhu....Kalo mau neliti mangga, telitilah buahnya (tambah pohonnya secara garis besar), tapi teliti si buah mangga dengan mendalam. Daripada neliti hutannya, sampe kiamat kagak bakal selese...
Cara Pinter 2 : Pisah-pisahkan objek yang diteliti. Jalan (aksesibilitas), kebisingan, topografi, view, dan permasalahan-permasalahan lain.
Cara Pinter 3 : Analisa tiap masalah dan potensi, secara mendalam dan detail. Misalnya, tentang aksesibilitas. Jalan apa aja yang ada di sekitar tapak, apakah ada yang mencapai tapak, berapa ukurannya, bagaimana kondisi permukaan jalannya, layak dilewati kendaraan besar ato enggak, jalan berapa arah, apakah ada aturan lalu lintas khususnya apa nggak, trus yang paling penting APAKAH JALAN ITU NANTINYA BISA UNTUK MENGAKSES PINTU MASUK? Kalo iya, sebagai pintu utama, samping, atau servis? Dari analisa itu, entar bakalan ketemu deh...
Cara Pinter 4 : Entar nih, dari hasil analisa bakal ketemu zoning. kalo analisa kebisingan, berarti ketemu zoning berdasarkan kebisingan. Kalo analisa aksesibilitas, ketemu zoning berdasarkan aksesibilitas. Gitu seterusnya, ampe semua zoning berdasar masalah dan potensi, bakal ketemu. Kalo udah ketemu semuanya, di overlap, sehingga ketemu zoning makronya. Contoh zoning makro nih :
Cara Pinter 5 : Ohya, gunakan tinta lebih dari 2 warna. Paling gak 4-5 warna, untuk ngebedain zoning, ngebikin area yang jadi pusat masalah/potensi. Gitu. Jadi, kalo dipresentasiin bakal keliatan bagus dan mudah dipahami. Kalo kalian bikin pake komputer, gunakan corel draw atau photoshop, karena lebih manusiawi kalo buat bikin presentasi ginian.
Cara Pinter 6 : Bikin zoning mikro, di mana berdasar zoning makro, udah ketemu ruangan-ruangannya. Contoh liat di zoning makro di atas ya
Cara Pinter 7 : Kalo kalian pake handdrawing dan males buat ngegambar tapak berulang-ulang, bikin aja masterannya, yang bisa diblat (baca : dijiplak, maap ini bahasanya dusun banget)...
Cara Pinter 8 : Kalo bikin pake handdrawing, jangan norak-norak kalo bikin hiasan. Karena kalo di handdrawing kan gak bisa diapus kalo salah. Kalo di komputer mah bisa. So, kalo kalian ngerasa tidak berbakat untuk hias-menghias, gak usah dihias aneh-aneh. Yang penting mudah dipahami, terbaca, presentasi nyaman dilihat, dan gak norak (penting abis)...
Nah itu lah tadi cara-caranya untuk ngasilin Analisa Tapak yang yoi...Gak susah kok. Kuncinya atu sih : Jangan mengerjakan ini dalam kondisi Kebut Semalam. Kagak bakalan beres deh. Kerjaan apapun, hasilnya gak bakalan bagus kalo dikerjakan dengan tergesa-gesa...
Selamat mencoba,
Analisa Tapak, pasti pada males ngebikinnya. Termasuk gue selama kuliah. Malessss pake banget. Jadi kalo ngebikin pasti seenak bokong gue gitu. But now, atas pelajaran di PA 5, gue berhasil memahami apa itu makna dari Analisa Tapak.
Cara Pinter 1 : Kumpulin semua data tentang tapak dan lingkungannya. Kadang tuh, kita suka lebay dengan mengambil data satu Semarang. Yaelah, kalo diperibahasakan tu kayak gini "mau neliti mangga, terlebih dahulu meneliti hutannya"....Kelamaaannnnn....Huhuhuhuhu....Kalo mau neliti mangga, telitilah buahnya (tambah pohonnya secara garis besar), tapi teliti si buah mangga dengan mendalam. Daripada neliti hutannya, sampe kiamat kagak bakal selese...
Cara Pinter 2 : Pisah-pisahkan objek yang diteliti. Jalan (aksesibilitas), kebisingan, topografi, view, dan permasalahan-permasalahan lain.
INGAT!! Jangan membuat analisa yang gak ada hubungannya, jadi difilter dulu. Misalnya nih, kalian mau bikin SEKOLAH. Gak perlu mengamati POTENSI VIEW. Kenapa? Anak itu mau sekolah, bukan mau liat pemandangan. Jadi, sekolah itu gak perlu view. Trus misalnya, mau bikin MALL, kok memperhatikan KEBISINGAN. Mall itu udah bising ya, malah sumber kebisingan juga. Jadi gak perlu analisa kebisingan. Pilih aja masalah apa yang berpengaruh terhadap bangunan kalian
Cara Pinter 3 : Analisa tiap masalah dan potensi, secara mendalam dan detail. Misalnya, tentang aksesibilitas. Jalan apa aja yang ada di sekitar tapak, apakah ada yang mencapai tapak, berapa ukurannya, bagaimana kondisi permukaan jalannya, layak dilewati kendaraan besar ato enggak, jalan berapa arah, apakah ada aturan lalu lintas khususnya apa nggak, trus yang paling penting APAKAH JALAN ITU NANTINYA BISA UNTUK MENGAKSES PINTU MASUK? Kalo iya, sebagai pintu utama, samping, atau servis? Dari analisa itu, entar bakalan ketemu deh...
Contoh :
Ini TA gue tentang mall dan apartemen di Sudirman CBD. Sudirman CBD ini punya aturan lalu lintas yang agak rumit, jalannya searah semua, dan ada yang nembus ke perumahan kebayoran baru juga. So, aksesibilitasnya gue kaji bener-bener untuk nentuin pintu masuk yang accessible, gampang, en gak mengganggu lalu lintas. Jadinya, kayak gini. Kalo kurang besar, klik aje ye...
Cara Pinter 4 : Entar nih, dari hasil analisa bakal ketemu zoning. kalo analisa kebisingan, berarti ketemu zoning berdasarkan kebisingan. Kalo analisa aksesibilitas, ketemu zoning berdasarkan aksesibilitas. Gitu seterusnya, ampe semua zoning berdasar masalah dan potensi, bakal ketemu. Kalo udah ketemu semuanya, di overlap, sehingga ketemu zoning makronya. Contoh zoning makro nih :
Cara Pinter 5 : Ohya, gunakan tinta lebih dari 2 warna. Paling gak 4-5 warna, untuk ngebedain zoning, ngebikin area yang jadi pusat masalah/potensi. Gitu. Jadi, kalo dipresentasiin bakal keliatan bagus dan mudah dipahami. Kalo kalian bikin pake komputer, gunakan corel draw atau photoshop, karena lebih manusiawi kalo buat bikin presentasi ginian.
Kalo handdrawing, gunakan pasangan ini : drawing pen 0,1 untuk tulisan, DP 0,3 untuk gambar, pensil warna untuk rendering, tinta merah dan biru untuk tulisan yang agak penting (bolpoin tinta gel ya, jangan tinta biasa, jangan spidol, jangan pensil, jangan crayon, apalagi cet poster...).
Kalo pake corel : Terserah aja, yang penting kagak norak, tulisan usahakan tetap hitam, tulisan yang penting-penting bisa menggunakan fasilitas bold/italic/underline, gunakan font yang sejenis untuk setiap cerita, jangan menggunakan gambar dengan pixel kecil karena bisa pecah, dan pemilihan warna untuk shaping, jangan terlalu menyala karena bisa merusak tulisan di kanan kirinya.
Cara Pinter 6 : Bikin zoning mikro, di mana berdasar zoning makro, udah ketemu ruangan-ruangannya. Contoh liat di zoning makro di atas ya
Cara Pinter 7 : Kalo kalian pake handdrawing dan males buat ngegambar tapak berulang-ulang, bikin aja masterannya, yang bisa diblat (baca : dijiplak, maap ini bahasanya dusun banget)...
Cara Pinter 8 : Kalo bikin pake handdrawing, jangan norak-norak kalo bikin hiasan. Karena kalo di handdrawing kan gak bisa diapus kalo salah. Kalo di komputer mah bisa. So, kalo kalian ngerasa tidak berbakat untuk hias-menghias, gak usah dihias aneh-aneh. Yang penting mudah dipahami, terbaca, presentasi nyaman dilihat, dan gak norak (penting abis)...
Nah itu lah tadi cara-caranya untuk ngasilin Analisa Tapak yang yoi...Gak susah kok. Kuncinya atu sih : Jangan mengerjakan ini dalam kondisi Kebut Semalam. Kagak bakalan beres deh. Kerjaan apapun, hasilnya gak bakalan bagus kalo dikerjakan dengan tergesa-gesa...
Selamat mencoba,