-->

CARI

Pengertian, Ciri-Ciri, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Usaha Jasa

Usaha Jasa adalah Perusahaan komersial yang menyediakan pekerjaan secara hali oleh individu atau tim untuk kepentingan pelanggannya dalam menyediakan produk tak berwujud seperti akuntansi, perbankan, konsultasi, pembersihan, lansekap, pendidikan, asuransi, perawatan, dan layanan transportasi. Contoh yang baik dari perusahaan jasa adalah kantor akuntan publik. Mereka memperoleh pendapatan dengan menyiapkan laporan pajak penghasilan, melakukan audit dan layanan aset, dan bahkan melakukan pekerjaan pembukuan.

Bisnis jasa adalah perusahaan yang terdiri dari profesional atau tim ahli yang memberikan pekerjaan atau bantuan dalam menyelesaikan tugas untuk kepentingan pelanggannya. Produk yang diberikan bisnis jasa tidak seperti produk yang Anda beli di toko, seperti televisi, pakaian, atau makanan. Bisnis jasa memberikan produk yang terutama terdiri dari tenaga kerja pribadi dan keahlian untuk memberikan pekerjaan yang diinginkan. Misalnya, Anda dapat menggunakan agen real estat untuk membeli rumah pertama Anda karena Anda ingin memanfaatkan keahlian mereka, keterampilan bernegosiasi, dan pengetahuan tentang kontrak yang diperlukan.

Pengalaman layanan pelanggan Anda adalah semua hal yang dilakukan bisnis untuk memastikan kepuasan Anda. Ini adalah bagian kunci dari keberhasilan bisnis ini dan bagaimana mereka mencoba untuk membedakan diri dari pesaing. Ini termasuk kualitas pekerjaan yang mereka lakukan, seberapa ramah mereka, ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan mereka, dan kemampuan mereka untuk menjawab pertanyaan atau mengatasi masalah yang mungkin timbul.
Apa Itu Usaha Jasa?  Pengertian, Ciri-Ciri, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan

Perusahaan akuntansi tidak menjual produk fisik seperti pengecer dan pedagang. Sebagai gantinya, mereka menjual layanan mereka kepada klien dan biasanya membebankan biaya per jam. Ini berlaku untuk hampir semua perusahaan profesional. Pengacara biasanya telah menetapkan tarif per jam dan membebankan biaya pada klien berdasarkan berapa lama untuk melakukan layanan. Intinya, perusahaan-perusahaan ini benar-benar menjual waktu mereka.

Ada banyak bisnis lain selain perusahaan profesional yang ada di industri jasa. Ambil bisnis perawatan kebun dan lansekap misalnya. Anda membayar mereka untuk datang ke rumah Anda dan melakukan layanan. Anda tidak mendapatkan produk fisik dari bisnis perawatan kebun.
Pengertian Perusahaan Jasa Menurut Para Ahli
  • Djaslim Saladin

Perusahaan jasa Menurut Djaslim Saladin adalah badan usaha yang melakukan kegiatan yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan suatu pihak ke pihak lainnya.

  • Norman

Pengertian perusahaan penyedia jasa Menurut Norman adalah perusahaan yang melakukan tindakan atau interaksi berupa kontak sosial antara produsen dan konsumen yang lebih dari sekedar hasil suatu yang tidak terhalang.

  • Adrian Payne

Perusahaan jasa Menurut Adrian Payne adalah perusahaan yang melakukan aktivitas ekonomi yang memiliki nilai atau manfaat intangible, dimana terdapat interaksi dengan konsumen atau dengan barang miliki tapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.

  • Christian Gronross

Pengertian perusahaan penyedia jasa Menurut Christian Gronross adalah perusahaan yang dalam kegiatannya terdiri dari serangkaian aktivitas intangible yang terjadi antara pelanggan dan pegawai jasa untuk mengatasi masalah pelanggan.

  • Philip Kotler

Pengertian perusahaan jasa Menurut Philip Kotler adalah perusahaan yang menawarkan suatu tindakan bersifat abstrak atau tidak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan pada orang lain.

Karakteristik Jasa
  • Tidak mempunyai wujud, yang artinya bersifat abstrak dan tidak dapat dilihat
  • Harga Jasa Tidak Dapat Dipatok General
  • Tidak Ada Harga Pokok Produksi dan Penjualan
  • Produk yang dihasilkan tidak berstandar atau bervariasi (heterogenitas)
  • Tidak bisa dipisahakan “produk dihasilkan dan dikonsumsi secara bersama-sama”
  • Tidak bisa disimpan karena tidak mempunyai wujud

Ciri-Ciri Perusahaan Jasa.
  • Jasa yang diberikan tidak sama, jadi masing-masing konsumen dapat memperoleh jenis pelayanan yang berbeda dengan konsumen lainnya.
  • Pendapatan berasal dari penjualan jasa.
  • Dalam proses memproduksi jasa, bisa atau tidak memerlukan bantuan dari produk fisik.
  • Jasa yang dihasilkan tidak bisa disimpan, jadi sekali dibeli maka penggunaanya akan langsung habis.
  • Tidak memiliki persedian produk dalam bentuk fisik, karena Produk yang dijual merupakan produk yang tidak berwujud (jasa). Jadi produk yang dihasilkan tidak dapat dilihat akan tetapi manfaatnya dapat dirasakan.
  • Biasanya tingkatan harganya memiliiki sifat yang tidak mutlak, sebab murah atau mahalnya harga yang ditetapkan oleh perusahaan tergantung tingkat kebutuhan konsumen.

Ruang Lingkup Perusahaan Jasa
Ruang lingkup dari perusahaan jasa tidak terlalu besar karena hanya seputar mempersiapkan jasa yang akan diberikan kepada pelanggan hingga pada saat produsen jasa menjual produk jasanya kepada konsumen tersebut.

Adapun ruang lingkup perusahaan jasa adalah sebagai berikut:
  • Komunikasi: Perusahaan telepon, stasiun tv, radio
  • Profesi: akuntan, klik bersalin
  • Hiburan: bioskop, taman hiburan, kebun binatang
  • Tempat tinggal: hotel, asrama, guest house
  • Keahlian perorangan: salon kecantikan, penjahit, studio foto, pangkas rambut.

Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan Jasa

Kelebihan Usaha Jasa
  • Tidak memerlukan tempat untuk penyimpanan barang atau gudang.
  • Pada badan usaha jasa tertentu tidak membutuhkan banyak karyawan sehingga menghemat pengeluaran gaji karyawan.
  • Dengan berbisnis jasa tidak membutuhkan tempat untuk display produk sehingga dalam hal sewa tempat usaha akan lebih hemat.

Kekurangan Usaha Jasa
  • Strategi promosi membutuhkan testimoni pelanggan sebanyak-banyaknya karena tidak ada produk yang bisa digunakan untuk demo.
  • Meskipun ada komplain, namun dalam badan usaha jasa tidak bisa mengembalikan apa yang sudah dibeli (diretur).
Usaha Jasa adalah Perusahaan komersial yang menyediakan pekerjaan secara hali oleh individu atau tim untuk kepentingan pelanggannya dalam menyediakan produk tak berwujud seperti akuntansi, perbankan, konsultasi, pembersihan, lansekap, pendidikan, asuransi, perawatan, dan layanan transportasi. Contoh yang baik dari perusahaan jasa adalah kantor akuntan publik. Mereka memperoleh pendapatan dengan menyiapkan laporan pajak penghasilan, melakukan audit dan layanan aset, dan bahkan melakukan pekerjaan pembukuan.

Bisnis jasa adalah perusahaan yang terdiri dari profesional atau tim ahli yang memberikan pekerjaan atau bantuan dalam menyelesaikan tugas untuk kepentingan pelanggannya. Produk yang diberikan bisnis jasa tidak seperti produk yang Anda beli di toko, seperti televisi, pakaian, atau makanan. Bisnis jasa memberikan produk yang terutama terdiri dari tenaga kerja pribadi dan keahlian untuk memberikan pekerjaan yang diinginkan. Misalnya, Anda dapat menggunakan agen real estat untuk membeli rumah pertama Anda karena Anda ingin memanfaatkan keahlian mereka, keterampilan bernegosiasi, dan pengetahuan tentang kontrak yang diperlukan.

Pengalaman layanan pelanggan Anda adalah semua hal yang dilakukan bisnis untuk memastikan kepuasan Anda. Ini adalah bagian kunci dari keberhasilan bisnis ini dan bagaimana mereka mencoba untuk membedakan diri dari pesaing. Ini termasuk kualitas pekerjaan yang mereka lakukan, seberapa ramah mereka, ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan mereka, dan kemampuan mereka untuk menjawab pertanyaan atau mengatasi masalah yang mungkin timbul.
Apa Itu Usaha Jasa?  Pengertian, Ciri-Ciri, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan

Perusahaan akuntansi tidak menjual produk fisik seperti pengecer dan pedagang. Sebagai gantinya, mereka menjual layanan mereka kepada klien dan biasanya membebankan biaya per jam. Ini berlaku untuk hampir semua perusahaan profesional. Pengacara biasanya telah menetapkan tarif per jam dan membebankan biaya pada klien berdasarkan berapa lama untuk melakukan layanan. Intinya, perusahaan-perusahaan ini benar-benar menjual waktu mereka.

Ada banyak bisnis lain selain perusahaan profesional yang ada di industri jasa. Ambil bisnis perawatan kebun dan lansekap misalnya. Anda membayar mereka untuk datang ke rumah Anda dan melakukan layanan. Anda tidak mendapatkan produk fisik dari bisnis perawatan kebun.

Pengertian Perusahaan Jasa Menurut Para Ahli
  • Djaslim Saladin

Perusahaan jasa Menurut Djaslim Saladin adalah badan usaha yang melakukan kegiatan yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan suatu pihak ke pihak lainnya.

  • Norman

Pengertian perusahaan penyedia jasa Menurut Norman adalah perusahaan yang melakukan tindakan atau interaksi berupa kontak sosial antara produsen dan konsumen yang lebih dari sekedar hasil suatu yang tidak terhalang.

  • Adrian Payne

Perusahaan jasa Menurut Adrian Payne adalah perusahaan yang melakukan aktivitas ekonomi yang memiliki nilai atau manfaat intangible, dimana terdapat interaksi dengan konsumen atau dengan barang miliki tapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.

  • Christian Gronross

Pengertian perusahaan penyedia jasa Menurut Christian Gronross adalah perusahaan yang dalam kegiatannya terdiri dari serangkaian aktivitas intangible yang terjadi antara pelanggan dan pegawai jasa untuk mengatasi masalah pelanggan.

  • Philip Kotler

Pengertian perusahaan jasa Menurut Philip Kotler adalah perusahaan yang menawarkan suatu tindakan bersifat abstrak atau tidak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan pada orang lain.

Karakteristik Jasa
  • Tidak mempunyai wujud, yang artinya bersifat abstrak dan tidak dapat dilihat
  • Harga Jasa Tidak Dapat Dipatok General
  • Tidak Ada Harga Pokok Produksi dan Penjualan
  • Produk yang dihasilkan tidak berstandar atau bervariasi (heterogenitas)
  • Tidak bisa dipisahakan “produk dihasilkan dan dikonsumsi secara bersama-sama”
  • Tidak bisa disimpan karena tidak mempunyai wujud

Ciri-Ciri Perusahaan Jasa.
  • Jasa yang diberikan tidak sama, jadi masing-masing konsumen dapat memperoleh jenis pelayanan yang berbeda dengan konsumen lainnya.
  • Pendapatan berasal dari penjualan jasa.
  • Dalam proses memproduksi jasa, bisa atau tidak memerlukan bantuan dari produk fisik.
  • Jasa yang dihasilkan tidak bisa disimpan, jadi sekali dibeli maka penggunaanya akan langsung habis.
  • Tidak memiliki persedian produk dalam bentuk fisik, karena Produk yang dijual merupakan produk yang tidak berwujud (jasa). Jadi produk yang dihasilkan tidak dapat dilihat akan tetapi manfaatnya dapat dirasakan.
  • Biasanya tingkatan harganya memiliiki sifat yang tidak mutlak, sebab murah atau mahalnya harga yang ditetapkan oleh perusahaan tergantung tingkat kebutuhan konsumen.

Ruang Lingkup Perusahaan Jasa
Ruang lingkup dari perusahaan jasa tidak terlalu besar karena hanya seputar mempersiapkan jasa yang akan diberikan kepada pelanggan hingga pada saat produsen jasa menjual produk jasanya kepada konsumen tersebut.

Adapun ruang lingkup perusahaan jasa adalah sebagai berikut:
  • Komunikasi: Perusahaan telepon, stasiun tv, radio
  • Profesi: akuntan, klik bersalin
  • Hiburan: bioskop, taman hiburan, kebun binatang
  • Tempat tinggal: hotel, asrama, guest house
  • Keahlian perorangan: salon kecantikan, penjahit, studio foto, pangkas rambut.

Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan Jasa

Kelebihan Usaha Jasa
  • Tidak memerlukan tempat untuk penyimpanan barang atau gudang.
  • Pada badan usaha jasa tertentu tidak membutuhkan banyak karyawan sehingga menghemat pengeluaran gaji karyawan.
  • Dengan berbisnis jasa tidak membutuhkan tempat untuk display produk sehingga dalam hal sewa tempat usaha akan lebih hemat.

Kekurangan Usaha Jasa
  • Strategi promosi membutuhkan testimoni pelanggan sebanyak-banyaknya karena tidak ada produk yang bisa digunakan untuk demo.
  • Meskipun ada komplain, namun dalam badan usaha jasa tidak bisa mengembalikan apa yang sudah dibeli (diretur).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel